Pelatihan Meja Final untuk Acara Utama WSOP

Preparing Darus Suharto
Saya merasa senang menjadi tuan rumah sebuah acara untuk membantu Darus Suharto mempersiapkan acara utama World Series of Poker. Darus selesai di tempat keenam dan membawa pulang lebih dari $ 2,4 juta. Acara utama telah berjalan jauh beberapa tahun terakhir, karena Darus membawa pulang jumlah yang hampir sama dengan yang dimenangkan Chris Moneymaker dalam kemenangan klasiknya tahun 2003.

Eric “Rizen” Lynch sedang melatih Darus untuk membantunya mempersiapkan acara utama. Eric dan saya telah berbicara sebelumnya di musim panas tentang berbagai cara yang dapat dipersiapkan seseorang mengingat PHK empat bulan. Begitu Eric mulai benar-benar melatih Darus, dia menelepon saya tentang salah satu ide yang kami miliki.

Tujuan utama Eric adalah membantu Darus mempersiapkan berbagai skenario yang mungkin dia hadapi di meja final, serta membantu Darus mengembangkan beberapa strategi melawan setiap lawan di meja. Dengan pemikiran ini, kami mengundang total sembilan orang untuk datang ke rumah saya untuk menjalankan berbagai skenario meja final. Masing-masing dari kami mencoba mensimulasikan permainan lawan tertentu yang akan dihadapi Darus, berdasarkan umpan balik dari Eric dan Darus.

Kami memulai hari dengan menjalankan lima tugas tempat duduk yang berbeda. Tujuannya adalah untuk membantu Darus memahami bagaimana pemain tertentu dan ukuran tumpukan mereka dapat memengaruhi permainan saat duduk di sebelah kirinya dan saat duduk di sebelah kanannya. Mengingat waktu singkat yang kami miliki, kami berlari melalui lima level 15 menit hanya untuk membuat Darus nyaman dengan perubahan struktur. Setelah kami menyelesaikan lima level, kami mengubah tugas tempat duduk dan berlari melalui lima level lainnya.

Hal pertama yang menjadi jelas adalah bahwa meskipun pemain memiliki tumpukan yang relatif dalam, ukuran pot bertambah dengan cepat, sehingga setiap pot signifikan yang dimainkan ke sungai akan berdampak besar pada dua pemain yang terlibat. Anda dapat dengan cepat beralih dari pemimpin chip ke tumpukan rendah, dan sebaliknya, di satu tangan (di meja final yang sebenarnya, ini terbukti benar, karena pemimpin chip, Dennis Phillips, hampir menjadi pemain pertama yang tersingkir).

Setelah makan malam, kami berkonsentrasi pada permainan steno, dan pada dasarnya kami bergiliran bermain sampai semua orang lelah dan siap untuk menyebutnya malam. Pagi berikutnya fokus pada permainan head-up, dengan Darus memenangkan tiga dari empat pertandingannya (saya diberi dua peluang dan kehilangan keduanya). Setelah makan siang, Darus menuju ke bandara untuk pergi ke Vegas untuk turnamen terbesar dalam hidupnya.

Senang sekali bertemu Darus. Dia tidak mendapatkan banyak liputan tentang ESPN, tetapi dia adalah pria yang fantastis, dan pemikir yang lebih maju daripada yang paling mungkin memberinya pujian. Dia banyak mengingatkan saya pada Dan Harrington beberapa tahun lalu, yang memproyeksikan gambar yang sangat ketat tetapi menggunakan gambar itu untuk membuat banyak gerakan yang tidak diduga oleh siapa pun.

Eric juga tampil impresif sebagai pelatihnya. Dia tidak mencoba mengubah gaya Darus, tetapi fokus pada persiapannya untuk berbagai situasi yang mungkin dia hadapi di meja final.

Satu setengah hari yang kami habiskan bersama sangat menyenangkan, tetapi juga menginspirasi dan memotivasi saya sambil meremajakan permainan saya sendiri. Latihan yang kami lakukan memberi saya beberapa ide tentang bagaimana saya bisa mengerjakan permainan saya sendiri.

Selama simulasi, saya berperan sebagai Scott Montgomery. Jadi, saat memainkan tangan, daripada memainkannya seperti saya memainkannya, saya harus memainkannya seperti yang saya pikir Scott akan memainkannya. Ini adalah latihan yang luar biasa! Saat memainkan gaya yang berbeda dari gaya Anda, Anda dapat melihat bagaimana lawan Anda bereaksi terhadap Anda. Anda dapat melihat strategi apa yang digunakan lawan untuk melawan Anda yang menempatkan Anda dalam situasi yang canggung. Anda juga dapat melihat bagaimana gaya pemain bekerja dan mungkin memasukkan beberapa gaya tersebut ke dalam permainan Anda sendiri. Jika saya pernah bermain Scott Montgomery di meja, saya harus cukup siap! Tapi saya tidak perlu bermain Scott untuk latihan ini untuk membayar dividen; Saya hanya perlu memainkan pemain yang menggunakan gaya yang mirip dengan Scott.

Saya akan mulai mencatat beberapa gaya permainan yang umum, seperti longgar-agresif, longgar-pasif, ketat-pasif, dan seterusnya. Tapi saya akan mengambilnya sedikit lebih jauh dan menambahkan pemain yang suka banyak bertaruh tiga, atau pemain yang suka pincang saat pertama kali masuk. Saya cukup akrab dengan gaya permainan Jon “PearlJammer” Turner setelah bekerja dengannya di buku yang saya terbitkan dan dia ikut menulis, Memenangkan Turnamen Poker Satu Tangan Sekaligus. Jon suka mengatur ukuran pot, jadi gaya lain adalah pemain yang suka menjaga pot tetap kecil.

Setelah saya memikirkan beberapa gaya, saya akan memainkan beberapa turnamen Internet mencoba meniru para pemain ini. Jika Anda benar-benar ingin masuk ke dalam pikiran lawan Anda, cobalah bermain seperti mereka!

Setelah saya mempelajari seluk beluk setiap gaya, saya kemudian akan mulai mempersiapkan beberapa strategi untuk digunakan melawan gaya tersebut, tergantung pada apakah mereka duduk di sebelah kiri saya atau di sebelah kanan saya. Setelah saya melakukan ini, ketika saya duduk di meja, alih-alih mempelajari delapan gaya baru lawan saya, saya hanya akan memasukkan masing-masing dari mereka ke dalam salah satu “profil” saya. Setelah saya memberi label pada mereka, saya harus segera tahu bagaimana saya ingin memainkannya. Dari sana, saya dapat mengubah strategi saya berdasarkan sedikit perbedaan pemain tertentu dari profil yang saya buat.

Latihan ini harus mencapai tiga hal:

1. Ketika saya benar-benar bermain melawan pemain yang cocok dengan profil tertentu, saya harus lebih bisa masuk ke dalam kepalanya, karena saya sebenarnya sudah mencoba bermain seperti dia.

2. Saya akan mempelajari strategi apa yang digunakan untuk melawan tipe pemain tersebut.

3. Saya dapat mulai memasukkan hal-hal baru ke dalam permainan saya sendiri ketika saya melihat bagaimana gaya yang berbeda bekerja.

Tak satu pun dari ini benar-benar baru. Banyak pemain telah berbicara tentang pelabelan gaya bermain dan mengembangkan strategi melawan mereka (misalnya, The Psychology of Poker oleh Alan Schoonmaker dan The Poker Mindset oleh Ian Taylor membahas hal ini secara rinci). Tapi saya ingin membawanya ke tingkat yang baru dengan benar-benar memainkan gaya yang berbeda, karena menurut saya itu menjadi inti dari mencoba masuk ke pikiran lawan Anda.

Selamat kepada Darus atas pencapaiannya yang luar biasa tahun ini. Saya yakin bahwa kita akan melihatnya di beberapa meja final dalam waktu dekat.

Peringkat rata-rata: 0 ulasan